Selasa, 28 Juni 2011

PPC " Koefisien Relasi"

Koefisien Relasi

Suatu forecast dianggap benar jika berada antar UCL dan LCL yang ada sesuai dengan data masa lampau yang telah diambil. Dianggap salah jika tidak berada anatar UCL dan LCL. Sigma ( σ ) digunakan jika keseluruhan data yang diambil. Standar deviasi ( S ) digunakan jika yang diambil hanya sample. Exponensial smoothing modeling forecasting :

- data sendiri

- actual dari forecasting biasanya lebih besar

- data tidak naik turun

Levelling adalah mereatakan data pada sejumlah waktu yang ditentukan. Stratifikasi adalah menyeragamkan data. Forecast produksi adalah penjualan dikurangi stock, lalu digunakan time series. Forecasting kebutuhan produksi adalah output dibagi input ( yield ). Production planning adalah perencanaan produksi untuk memenuhi keinginan pelanggan berdasarklan data masa lampau. Resource requirement planning ( RRP ) adalah perencanaan sumber-sumber yang akan digunakan meliputi manusia, mesin, material, uang, untuk merencanakn operasi produksi. Manufacturing planning adalah merencanakan kegiatan produksi yang berhubungan dengan orang, mesin, material, uang yang telah terschedulling. Master production scheduling adalah perencaan kegiatan produksi meliputi pemakaian orang, mesin, material, uang, yang telah terschedulling pelaksanaannya berdasarkan order. Material requirement planning adalah perencanaan kebutuhan material yang akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan produksi. % jenis material dan material pembantu :

- bahan baku utama ( bahan pokok yang akan menjadi produk )

- material pembantu ( material yang dgunakan untuk melengkapi bahan baku utama dalam pembuatan par )

- air

- listrik

- operator

- mesin

Bill of material ( BOM ) adalah struktur penyusunan dari produk yang akan dibuat atas darsar bagian-bagian yang menjadi hirarkinya. Operation sequence adalah urutan proses yang dibentuk untuk menghasilkan suatu produk mulai dari bahan baku. Routting sheet adalah formulir spesifikasi dari proses yang harus dilakukan pada setiap stasiun kerja sesuai dengan standar yang adapada formulir. Inventory control adalah mengontrolpersedian bahan yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga tidak menganggu jalannya opersi dan meminimalkan biaya operasi. Dispacth adalah pemindahan bahan baku atau barang jadi dari suatu tempat ketempat lainnya. Sistim konvensional ( MBO / management by objective ) :

- orientasi terhadap hasil akhir

- customer dan supplier mempunyai sistim sendiri

- qualitas menjadi tanggung jawab quality

Sistim modern ( MBP / management by proses ) :

- orientasi terhadap proses dan hasil akhir

- supplier dan customer menjadi satu sistim

- qualitas menjadi tanggung jawab semua

MRP 1 hanya menekankan pada material saja. Cara meningkatkan produktifitas secara parsial adalah dengan menurunkan input tetapi dengan output yang sama / meningkat, atau dengan output yang tetap tetapi dengan input turun, atau juga dengan output fan input naik tetapi persentase kenaikan output lebih besar dari input. Siklus analisa masalah :

Keterangan gambar sklus diatas :

  1. mencari persoalan dan mengumpulkan data
  2. mengolah data, analisa, keputusan
  3. menyusun program kerja baru dan program implementasi
  4. implememtasi

Pada saat membuat MPS harus menggunakan RCCP karena pada perusahaan yang menghasilkan produk yang berbeda-beda sehingga masing-masing produk mempunyai nilai yield yang berbeda-beda. Perencanaan marketing :

- penjualan

- stock awal dan akhir

- produksi

- tempat termasuk yield dan effisiensi

- pemakaian material

- stock awal dan akhir

- pembelian

- pendanaan

Pengendalian kapasitas berdasarkan keinginan pasar dengan berdasarkan kapasitas produksi. Ramalan penjualan adalah order yang dicari oleh marketing. Order penjualan adalah orde yang datang. Yang harus diperhatikan dalam ramalan penjualan :

- menghubungi produsen yang menggunakan produk tsb

- proses-proses berikutnya

- gudang-gudang yang kosong

performance adalah perbandingan antara realisasi dan rencana. Yang diperhatikan dalam keuangan adalah production cost, dan break even point.

Urutan pekerjaan PPC :

- menyiapkan laporan harian . Yang berguna untuk mengevaluasi hasil operasi hari kemarin ( baik/tidak ) dan masalah apa yang timbul agar cepat dapat dilakuakn pengatasan masalah. Isi dari laporan harian adalah hasil produksi hari tersebut, akumulasi produksi sampai hari tsb, program untuk mencapai target yang ada, dan program pengatasan masalah. Contoh form laporan harian :

- menyiapan laporan bulanan, yang berisi :

a. jumlah produksi bulan tsb

b. rencana dan realisasi produksi

c. rencana dan realisasi pemakaian material

d. rencana dan realisasi yield ( performance )

e. rencana dan realisasi pemakaian bahan lainnya

f. pemakaian listrik ( performance )

g. air ( performance )

h. rencana dan realisasi pemakaian tenaga kerja

i. rencana dan realisasi pemakaian mesin

j. rencana dan realisasi down time ( maintanance )

k. rencana dan realisasi produk reject

l. stock bahan baku

m. stock barang jadi

n. stock wip

o. over time

p. penggunaan dana / biaya

- laporan pemasaran (rencana dan realisasi penjualan )

- harga jual (rencana dan realisasi harga jual )

- jumlah konsumen

- laporan tahunan ( perusahaan akan diaudit oleh pemegang saham ). Dengan isi budget perusahaan baik kuantitas / rupiah dan budget produksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar