Senin, 18 Juli 2011

evaluasi Laporan Ilmiah

evaluasi Laporan Ilmiah

® Sebuah penelitian adalah suatu upaya yang dilakukan berdasarkan metode ilmiah untuk memecahkan masalah penelitian, dan hasilnya dapat disumbangkan sebagai suatu penemuan kepada ilmu pengetahuan.

® Sebuah penelitian dianggap akan mempunyai kualitas yang cukup tinggi jika penelitian tersebut memberikan sumbangan kepada ilmu dalam bidangnya, dan dikerjakan dengan metode yang memperlihatkan tingkat keilmuan yang cukup tinggi pula.

Untuk menilai laporan ilmiah, terdapat beberapa hal yang menjadi sorotan yaitu :

1) Judul.

2) Masalah penelitian.

3) Metode penelitian.

4) Pengumpulan dan analisa data.

5) Nada laporan.

6) Pengaturan/ sistematika laporan.

1) Judul

® Apakah judul sudah cukup padat, mencakup keseluruhan kerja penelitian dan diungkapkan dengan kata- kata yang tepat ?

2) Masalah penelitian.

a. Apakah masalah penelitian sudah cukup jelas dinyatakan dalam bentuk pertanyaan- pertanyaan?

b. Apakah dalam bab Pendahulan, sudah cukup jelas dinyatakan ruang lingkup penelitian ?

c. Sudahkah istilah- istilah yang penting diberi definisi sehingga tidak meragukan lagi maknanya ?

d. Sudahkah didiskusikan beberapa penelitian yang berhubungan dengan penelitian yang dikerjakan dan apakah jumlah penelitian terdahulu yang disertakan dalam laporan sudah cukup memadai ?

e. Apakah asumsi atau anggapan dasar yang diperlukan dalam memecahkan masalah sudah tercakup dalam membicarakan masalah penelitian.

f. Sudahkah dirumuskan hipotesa-hipotesa yang ingin diuji, baik secara eksplisit ataupun secara implisit ?

3) Metode penelitian.

a. Apakah metode yang dipilih sudah cukup baik dan sesuai dengan penelitian yang dilakukan ?

b. Apakah metode yang dipilih sudah cukup memadai untuk memecahkan masalah penelitian ?

c. Apakah alasan- alasan yang diberikan dalam memilih metode penelitian tersebut sudah cukup jelas diutarakan ?

d. Apakah penelitian tersebut tidak mengandung kelemahan kasus dalam metodologi penelitian ?

4) Pengumpulan dan Analisa Data.

a. Apakah jenis data yang dikumpulkan sudah memadai untuk memecahkan masalah penelitian ?

b. Apakah data sudah cukup tersedia untuk memecahkan masalah penelitian ?

c. Apakah sudah cukup bukti – bukti untuk mendukung bahwa data yang dikumpulkan sudah akurat ?

d. Apakah metode sampling atau desain percobaaan yang digunakan sudah cukup tepat ?

e. Apakah materi- materi yang tidak relevan sudah dibuang

f. Apakah data sudah diatur sebagai bagian yang integral dari pemecahan masalah secara logis, ataukah data hanya dipaparkan secara enumerasi ensiklopedis saja

g. Apakah pernyataan – pernyataan tentang fakta- fakta yang diduga telah diuji secara cermat ?

h. Apakah statistik yang digunakan, baik dalam menguji hipotesa ataupun dalam membuat analisa lainnya, cukup tepat ?

i. Apakah penggunaan statistik tersebut akan menuju kepada pemecahan masalah penelitian ?

5) Kesimpulan

a. Apakah inferensi yang dibuat dari data dan dari penemuan cukup tepat dan beralasan ?

b. Apakah kesimpulan yang dibuat berisi inferensi terhadap semua penemuan yang signifikan ?

c. Apakah semua kesimpulan didasarkan kepada fakta ?

d. Apakah semua kesimpulan telah dimasukkan untuk diketahui oleh pembaca ?

e. Apakah sudah benar- benar disaring bahwa kesimpulan yang dibuat tidak berisi pendapat (opini) ?

f. Apakah limitasi sudah cukup jelas diterangkan ?

g. Apakah saran- saran yang diajukan benar- benar sudah diperhatikan masak – masak ?

h. Apakah kesimpulan yang dibuat benar – benar merupakan jawaban terhadap pertanyaan atau masalah yang ingin dipecahkan seperti diutarakan pada bab Pendahulan ?

6) Nada dari Laporan.

a. Apakah laporan benar – benar bernada tidak bias, impersonal, tetapi berdasarkan sikap ilmiah dan intelektual ?

b. Apakah laporan memperhatikan bukti- bukti yang didukung oleh latar belakang ilmiah dalam bidangnya ?

7. Pengaturan

a. Apakah laporan telah dibagi dalam bagian- bagian tertentu?

b. Apakah bagian- bagian tersebut telah diberi judul yang cocok ?

c. Apakah urut-urutan judul sudah cukup logis dan sistematis ?

d. Apakah laporan tidak berisi kutipan-kutipan yang tidak diperlukan ?

Dalam menilai tesis atau disertai, maka beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan :

1. Masalah

a. Apakah masalah sudah dinyatakan dan didefinisikan dengan jelas ?

b. Apakah masalah yang ingin dipecahkan benar- benar penting ?

c. Apakah semua atau sebagian dari pemecahan masalah tersebut akan memberikan sesuatu kontribusi baik untuk ilmu pengetahuan atau untuk kegiatan praktis. Apakah masalah tersebut telah pernah diteliti peneliti lain beberapa kali di masa yang sudah- sudah ?

d. Apakah masalah dapat dipecahkan ? Apakah limitasi – limitasi logis atau praktis dari penelitian yang harus dipertimbangkan ?

e. Apakah masalah penelitian sudah cukup dibuat batasan- batasan untuk diteliti ? ( Pembatasan masalah dalam jangkauan yang lebih sempit lebih baik daripada pemecahan masalah secara lebih luas.)

f. Apakah limitasi-limitasi yang dijumpai dalam pemecahan masalah sudah cukup dirasakan dan secara jelas dinyatakan ?

Umumnya, penelitian dibatasi oleh : teknik pengumpulan data dan alat yang digunakan, sumber-sumber data, dan kemampuan dari peneliti. Baik peneliti atau pembaca harus hati- hati terhadap limitasi tersebut dalam memberikan penafisiran terhadap data yang disampaikan ?

g. Apakah semua istilah penting telah didefinisikan secara tepat ?

h. Jika peneliti membuat asumsi-asumsi, apakah asumsi- asumsi ini sudah jelas diutarakan ?

Ada kalanya seorang peneliti mempunyai beberapa asumsi dalam mengerjakan penelitiannya, dan dia merasa bahwa asumsi tersebut adalah hal yang biasa bagi pembaca sehingga peneliti tersebut tidak menulis asumsi tersebut. Hal demikian tidak benar. Semua asumsi, jika ada, harus dijelaskan dalam laporan.

i. Jika ada, apakah latar belakang dari perkembangan masalah sudah dijelaskan ?

j. Apakah hipotesa untuk diuji atau pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab telah dipaparkan dengan jelas ?

2. daftar Kepustakaan

a. Apakah sudah dimasukkan semua bacaan yang berhubungan dengan penelitian ? Atau, apakah laporan sudah memberikan kesan bahwa peneliti telah banyak membaca artikel- artikel atau buku-buku yang berhubungan dengan penelitiannya ?

b. Apakah sudah dijelaskan hubungan antara penelitian-penelitian sebelumnya dengan penelitian yang sedang dilakukan ? Kajian tentang literatur akan memberikan penekanan tentang hubungan ini, dan sebaiknya diutarakan dalam bentuk kesamaan dan perbedaan dengan penelitian terdahulu.

c. Apakah peneliti juga menggunakan kepustakaan dari disiplin ilmu lain yang dapat memberikan implikasi terhadap penelitian yang dilakukannya ?

3. Metode Penelitian

a. Apakah metode penelitian yang digunakan cocok untuk memecahkan masalah penelitiannya ?

b. Apakah prosedur yang dilakukan dinyatakan dengan jelas sehingga peneliti lain dapat mengikuti atau mengulang prosedur tersebut tanpa kesukaran ?

c. Apakah populasi dan sampel diterangkan dengan jelas

d. Apakah metode sampling diterangkan dengan jelas, padat dan tepat ?

e. Apakah desain percobaan yang digunakan cocok dan diutarakan secara jelas, termasuk material-material yang digunakan dalam percobaan tersebut ?

f. Apakah variabel-variabel yang mempengaruhi analisa sudah diketahui dan dikontrol dalam percobaan ?

g. Apakah alat atau instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data cukup valid dan reliabel ?

h. Apakah terdapat bukti-bukti bahwa dalam mencatat data, usaha yang hati-hati telah dilakukan ?

i. Apakah metode yang digunakan untuk menganalisa data cukup dan diterapkan secara tepat ?

4. Diskusi dan Kesimpulan

a. Apakah penemuan dan kesimpulan didukung oleh data yang diutarakan ?

Bagaimanapun baiknya, atau pentingnya, atau logisnya pernyataan-pernyataan yang dikemukakan, hal tersebut tidak ada tempatnya di bab Kesimpulan jika pernyataan-pernyataan tersebut tidak didukung oleh data. Janganlah membuat Kesimpulan berdasarkan opini.

b. Apakah penemuan penelitian telah dibandingkan dengan penemuan-penemuan peneliti lain yang telah dibentangkan dalam review kepustakaan sebelumnya ?

c. Apakah penemuan dan kesimpulan bebas dari prasangka (bias) peneliti ? Bias dapat direfleksikan dari apa yang ditujukkan dan apa yang disembunyikan oleh peneliti ?

d.Apakah ada dibuat rekomendasi-rekomendasi untuk penelitian lebih lanjutan ?

e. Apakah peneliti telah memberikan implikasi-implikasi untuk kebijakan atau terapan dan implikasi tersebut dinyatakan secara jelas ?

5. Umum

a. Apakah judul cukup padat dan komplit ?

b. Apakah laporan diorganisasikan secara logis, dan jelas bagi pembaca ?

c. Apakah dalam penulisan laporan, tabel, bibliografi, teknik ketikan, ejaan, catatan kaki sudah diperiksa secara teliti dan tidak terdapat kesalahan – kesalahan

6. Ringkasan

a. Apakah ringkasan sudah cukup padat dan memberikan bagian-bagian yang penting dalam penelitian secara jelas ?

b. Apakah dalam ringkasan dimasukkan materi – materi baru yang sebelumnya tidak pernah dilaporkan orang lain ?

FAKTOR-FAKTOR YANG BIASANYA DIPERTIMBANGKAN DALAM UJIAN SKRIPSI/ TESIS:

1. Berbagai aspek dari penelitian mahasiswa yang secara tidak langsung mempengaruhi derajat keilmuannya, kemampuannya dan wawasannya :

q Pentingnya penelitian yang dilakukan

q Integibilitas dari skripsi/tesis

q Metode yang digunakan

q Akurasi dari kesimpulan

2. Aspek yang berhubungan langsung dengan pengetahuan, kemampuan dan wawasan dan tidak langsung dengan aspek-aspek khusus penelitian :

q Implikasi dari penelitian

q Kemampuan mempertahankan metode, prosedur dan kesimpulan

q Latar belakang dan pengetahuan umum mahasiswa

q Kualitas dari perbendaharaan kata-kata

3. Kesan umum terhadap mahasiswa sebagai calon sarjana

® Tingkat persiapan penelitian dan sidang skripsi/ tesis yang dilakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar